Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Kucing Persia dan Cara Merawat Dengan Benar

Jenis kucing persia: Jika anda adalah seorang pecinta kucing tentu jenis kucing persia sudah tidak asing lagi ditelinga anda.

Kucing persia dikenal memiliki bentuk wajah yang imut dengan sifat yang sangat menggemaskan, dan tentu hal ini yang menjadi alasan utama kenapa kucing persia cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Namun taukah kamu bahwa jenis kucing persia memiliki jenis yang berbeda-beda?, nah berikut ini adalah jenis kucing persia beserta cara merawat kucing persia dengan benar, simak ulasan berikut ini:

Jenis Kucing Persia

1. Kucing Persia Himalaya 


Jenis Kucing Persia

Jenis kucing persia himalaya atau dikenal juga dengan sebutan ( kucing berpola colorpoint ) Memiliki ciri bulunya yang sangat tebal dan bentuk hidung yang tidak telalu pesek atau bisa dibilang datar, untuk lengkapnya berikut adalah ciri-ciri kucing persia himalaya

1.Mempunyai bulu yang tebal
2.Hidung datar ( tidak terlalu pesek)
3.Rambut berpola hitam
4.Berat kucing himalaya 4-6 Kg
5.Warna Putih dan coklat pada bagian wajah,telinga

Kucing persia himalaya kabarnya dapat bertahan hidup selama 15 tahun tentu dengan perwatan yang teliti.

Kucing ini juga memiliki sifat manja serta jinak dan juga senang berada di sekeliling manusia. Dari kabar yang beredar untuk harga jenis kucing persia himalaya dibandrol dengan harga 9 Juta rupiah untuk kucing yang berumur 6 bulan

2. Kucing Persia Flat Nose


Jenis Kucing Persia

Flat nose atau hidung pesek merupakan jenis kucing persia dengan bentuk hidung yang kecil, dan lucunya lagi posisi hidungnya nampak sejajar dengan posisi mata. Bentuk kepala yang dimiliki kucing Flat Nose juga sedikit kotak berbeda dengan jenis kucing persia lainnya yang cenderung memiliki bentuk wajah bulat.

Kucing ini memiliki bentuk badan yang gemuk, dengan ukuran mata yang kecil, bentuk kupingnya yang runcing menjadi hal yang unik dari kucing Flat nose ini.

Kucing yang populer dinegara amerika selatan ini, lebih aktif dan suka bermain, tidak seperti kucing himalaya yang lebih kalem dan tenang. 

Dan jika ingin memelihara jenis kucing ini kalian harus merogoh kocek sebesar 5 Juta rupiah untuk kucing berusia 3 bulan dan 11 juta untuk kucing dewasa.

Dan disarankan kalian harus memiliki tempat yang luas, dikarenakan sifat kucing yang suka berlarian,lompat, dan pola makan kucing ini juga harus sangat dijaga karena kucing ini tergolong rakus dan sangat mudah terkena obesitas.

3.  Persia Particolor



Jenis kucing persia particolor termasuk kucing yang memiliki tampilan mewah, dikarenakan warna emas yang terdapat pada bulunya yang bergradasi dengan indahnya. Dan jenis kucing ini memiliki mata yang berwarna oranye kecoklatan dan senada dengan warna pada bulunya

4. Medium Persia Bicolor



jenis kucing persia Bicolor masih sangat jarang didengar, dan mungkin beberapa orang sulit membedakan karena namanya yang hampir sama dengan jenis particolor.

Kucing jenis persia Bicolor ini dapat kita kenali dari bentuk pola bulunya yang memiliki 2 jenis warna yang berbeda. Selain itu pada bagian mata kucing ini terdapat warna keemasan dan ini yang menjadikan Bicolor sama persis dengan particolor


5. Persia Tabby


Berbeda dengan jenis kucing persia yang lain, jenis persia tabby memiliki sifat yang aktif bahkan lebih aktif dari jenis kucing persia Flat Nose. 

Dan menurut pendapat pembeli' kucing ini sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali werawat kucing. Jenis kucing ini sangat vokal dan ingin selalu ditema oleh anggota keluarga lain.


6. Kucing Persia Medium


Jenis Kucing Persia

Bisa dibilang jenis kucing persia Medium ini menjadi penengah antara persia himalaya dan Flatnose.

Karena bisa kita lihat, bentuk hidung kucing ini berada di pertengahan artinya ' bahwa hidung si kucing tidak terlalu pesek atau mancung.

Dan jika kita coba bandingkan dengan jenis yang lain kucing ini memiliki rambut yang sangat lebat serta panjang dibanding kucing lainnya

Namun jika kalian ingin membeli jenis kucing ini, pahami dulu. Karena kucing persia medium terbagi menjadi 2 jenis, pertama adalah shorthair (bulu pendek) dan kedua adalah longhair(panjang)

Dan jika bertanya masalah perwatan, kucing dengan longhair tentu harus mendapatkan perhatian khusus karena rambut yang panjang

Untuk mendapatkan kucing ini kalian harus mengeluarkan dana sebesar 2 Juta untuk usia 6 bulan, dan 8 juta untuk usia yang dewasa.


7. Kucing Persia Peak Nose



Jika kita bandingkan dengan kucing lain ,jenis kucing persia peak nose memiliki bentuk hidung yang sangat pesek,dan tidak pada bentuk hidung saja, Jenis kucing ini paling mahal dalam masalah harga yaitu 12 Juta rupiah.

Perbedaan yang paling mencolok dari kucing lainnya hanya berada  pada bentuk hidung kucing yang unik dan kucing ini tergolong dalam 2 jenis antara lain peak nose biasa dan ekstrim

jenis Peak Nose ekstrim memiliki bentuk hidung yang lebih pesek dibanding jenis peak nose biasa, dan hal ini yang menjadikannya unik jika dibanding kucing lainnya
Sekilasberita
Sekilasberita SekilasBerita.id merupakan media online dengan tujuan menyediakan infromasi terbaru dan terupdate