13 Aplikasi Alternatif Downloader Manager Terbaik Untuk PC

sekilasberita.id Internet download manager (IDM) adalah aplikasi download akselerator yang sangat populer di internet.

Salah satu alasannya adalah, karena IDM memiliki kemampuan untuk mempercepat aktifitas download dengan lebih dari lima kali.

IDM juga memungkinkan kita untuk melanjutkan (resume) download , jika tiba-tiba koneksi internet terputus. Bahkan sekarang IDM juga sudah support untuk men-download file-file torrents.

Tapi sayangnya, IDM tidaklah gratis.

 {tocify} $title={Daftar Isi Artikel}

Memang kita bisa menggunakan IDM secara gratis (trial) selama 30 hari, setelah itu kita diharuskan membayar sejumlah uang agar tetap bisa menggunakannya.

Aplikasi Alternatif Downloader Manager Terbaik di PC

Meskipun ada begitu banyak cara ilegal agar bisa menggunakan IDM secara gratis tanpa biaya sepesepun, akan tetapi hal itu adalah tindakan yang tidak dibenarkan alias melawan hukum, yang jika ketahuan bisa berkibat masuk hotel prodeo.

Aplikasi Alternatif Downloader Manager Terbaik Untuk PC

Hal ini sesuai dengan kebijakan perusahaan pembuat IDM yang menyatakan, bahwa IDM dilindungi oleh undang-undang internasional.

Warning: This computer program is protected by copyright laws and international treaties. Unauthorized reproduction or distribution of this program, or any portion of it, may result in severe civil and criminal penalties, and will be prosecuted to the maximum extent possible under law.

Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya seperti ini:

Peringatan: Program komputer ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta dan perjanjian internasional. Penggandaan atau pendistribusian dari program ini, atau apapun bentuknya tanpa ijin, dapat dikenakan hukuman perdata dan pidana berat, dan akan dituntut semaksimal mungkin sesuai hukum yang berlaku.

 

Tapi mirisnya, fakta menunjukkan bahwa 9 dari 10 pengguna IDM, adalah pengguna versi bajakan.

Padahal seandainya kamu tahu, sebenarnya masih banyak program download manager lain yang kualitas serta fitur-nya setara bahkan jauh lebih baik di banding IDM, dan yang pasti GRATIS alias freeware.

Kamu bisa menggunakan software pengganti idm tersebut dengan sepuasnya, tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun (kecuali biaya koneksi internet untuk men-download aplikasi-nya).

Apa saja aplikasi download manager terbaik tapi gratis sebagai pengganti IDM? Simak ulasan 13 Aplikasi Download Manager Terbaik dan Tercepat Alternatif IDM (versi sekilasberita.id) berikut ini.

1: EagleGet



Jika kamu pengguna Windows, maka aplikasi Eagle Get ini adalah download manager terbaik dan tercepat sebagai alternatif pengganti IDM, karena EagleGet memang dirancang khusus untuk Microsoft Windows dan tentunya aplikasi ini gratis alias freeware.

EagleGet adalah salah satu pilihan yang paling tepat untuk menemani dan memaksimalkan aktifitas googling kamu.

Sama persis seperti IDM – Jika menemukan file yang menarik, tinggal klik-kanan saja, maka di situ sudah ada pilihan untuk men-downloadnya menggunakan EagleGet.

System Requirements

  • 64 MB of RAM
  • 6 MB of free disk space
  • Microsoft Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10
  • Chrome, FireFox, IE, Edge , Opera

Berikut beberapa fitur unggulan EagleGet :

1.Virus scanning

Memungkinkan untuk segera menjalankan scanning virus menggunakan antivirus terbaik andalan kamu, terhadap file yang selesai didownload (fitur ini tidak ada di IDM).

2.Video Sniffer

Fitur unggulan yang memungkin kita bisa mendownload video tanpa iklan apapun – sangat cocok bagi download mania (fitur ini tidak ada di IDM).

3.Multi-Threading Technology

Sama persis seperti IDM, EagleGet juga menggunakan teknik ‘Multi-Threading’ terbaru, yaitu fitur yang memecah file menjadi beberapa bagian sebelum di-download, dan akan menyatukannnya kembali menjadi satu bagian yang utuh ketika proses download file selesai.

4.Resume

Seperti halnya IDM, EagleGet juga memiliki fitur resume download jika tiba-tiba koneksi internet putus atau bahkan ketika komputer PC/Laptop mati mendadak karena mati lampu.

Full kustomasi

Support multi bahasa (termasuk bahasa Indonesia)

Versi Installer dan Portable

Masih banyak fitur lain yang belum disebutkan, silahkan coba sendiri kehandalan aplikasi ini.

Bisa disimplukan bahwa fitur aplikasi downloader ini sangat mirip dengan IDM, bahkan jauh lebih baik dibanding IDM. Jadi tidak ada alasan kamu tetap ngotot menggunakan IDM (versi bajakan).

{getButton} $text={Download Eagleget} $icon={download} $color={Hex Color}


2.JDownloader



Jika EagleGet dikhususkan untuk pengguna windows, maka JDownloader adalah aplikasi downloader lintas platform. Artinya support untuk semua jenis sitsem operasi, baik Windows, Linux maupun OS X.

JDownloader dibuat menggunakan kode pemrograman JAVA, jadi sangat ringan dan tentunya open source alias bebas di modifikasi.

Jika kamu ahli pemrograman, kamu bisa memodifikasi program ini sesuka hati, karena memang lisensinya open sources.

JDownloader memiliki semua fitur standard aplikasi download manager modern saat ini, seperti menghentikan sementara aktifitas download (pause), melanjutkan (resume) dan menjadwalkan download (schedule), mengelola daftar download, dll.

{getButton} $text={Download Jdownloader} $icon={download} $color={Hex Color}


3.Download Accelerator Plus (DAP)


DAP adalah produk Speedbit.com, merupakan salah satu aplikasi download manager alternatif idm yang gratis, digunakan oleh lebih dari 293 juta pengguna.

DAP dapat mempercepat kecepatan download dengan teknik rahasia mereka sendiri, bahkan DAP  mengklaim bahwa kecepatan download-nya jauh lebih cepat dibandingkan IDM.

Fitur utama DAP:

  • Preview Video
  • Menonton video saat men-download (video yang di-download bisa sambil di totnton di DAP)
  • Konversi file langsung di DAP (video to Mp3, Video to any format)
  • Memeriksa file yang mau di-download secepat download dimulai
  • Mendukung banyak Add-ons
  • dll

{getButton} $text={Download DAP} $icon={download} $color={Hex Color}


4: Internet Download Accelerator (IDA)




Jika kamu menginginkan aplikasi downlod manager gratis yang sangat mirip dengan IDM, maka Internet Download Accelerator (IDA) adalah pilihan yang sangat tepat.

Dari namanya saja “IDA” sudah sangat mirip dengan nama “IDM”.

Tapi bukan itu yang menjadikan IDA ini sangat mirip dengan IDM, tetapi tampilan dan menu serta fitur-nya yang sangat menyerupai IDM. Bahkan bisa dibilang aplikasi ini meniru IDM.

IDA memiliki semua fitur standard aplikasi download manager modern, seperti menghentikan sementara aktifitas download (pause), melanjutkan (resume), menjadwalkan download (schedule), mengelola daftar download, dll.

Supaya tidak penasaran, silahkan lihat kemiripan tampilan IDA dan IDM di bawah ini:

IDA dan IDM sangat mirip, satu-satunya perbedaan adalah soal harga. IDA gratis alias free, sedangkan IDM berbayar.

           {getButton} $text={Download IDA} $icon={download} $color={Hex Color}


5: FlashGet

FlashGet adalah salah satu alternatif pilihan download manager terbaik yang gratis sebagai pengganti IDM yang berbayar.

Walaupun gratis, aplikasi ini dijamin aman dan bersih dari dari malware, spyware, dll.

FlashGet terbaru sudah mendukung download file melalui protocol HTTP, FTP, torrent, dan eMule, bahkan FlashGet dapat men-download file secara otomatis di komputer remot yang fisiknya berada di tempat lain (melalui email).

{getButton} $text={Download FlashGet} $icon={download} $color={Hex Color}


6: FreeRapid Downloader

Sama seperti JDownloader, FreeRapid Downloader adalah aplikasi download manager gratis yang berbasis JAVA, jadi sangat ringan dan tentunya open source.

Jika kamu mengerti pemgrograman, maka kamu bisa dengan leluasa memodifikasi aplikasi download manager satu ini.

FreeRapid Downloader dapat digunakan untuk men-download file dari Rapidshare, Facebook, Youtube, dan banyak layanan file-sharing lainnya.

{getButton} $text={Download Freerapid} $icon={download} $color={Hex Color}


7: Orbit Downloader

Orbit Downloader adalah aplikasi download manager gratis yang bisa men-download file berupa video, musik ataupun image dari situs media sosial paling populer seperti Myspace, YouTube, Imeem, Pandora, Rapidshare, dll.

Fitur utama:

  • Download musik, video dan media streaming dari situs media sosial.
  • Mendukung RapidShare download
  • Mendukung semua browser utama
  • Mendukung Metalink untuk menargetkan download
  • Mendukung protokol HTTP, HTTPS, MMS, FTP, RTSP dan RTMP
  • Menudkung server prox.
  • Dukungan terhadap Pause (jeda) download dan Resume (melanjutkan) download.

8: MIPONY

Apakah kamu termasuk orang yang bisa dikatakan kecanduan men-download file-file dengan kapasitas yang super besar, seperti film-film bluray, game-game terbaru? Maka Mipony adalah pilihan terbaik sebagai aplikasi download manager gratis alternatif IDM.

Selain untuk Windows, Mipony juga tersedia untuk MacOS dan Android.

Mipony adalah download manager gratis alternatif IDM yang dirancang secara khusus untuk mengoptimalkan dan mengotomatisasi download file dengan kapasitas super besar.

{getButton} $text={Download Mipony} $icon={download} $color={Hex Color}


9: DownTango

Jika kamu tidak ingin dipusingkan dengan banyak sekali pengaturan yang aneh-aneh, maka DownTango adalah pilihan yang sangat tepat sebagai software download manager gratis pengganti IDM.

Tampilannya sangat simple alias sederhana. Sangat cocok untuk kamu yang tidak mau repot dengan menu pengaturan.

Cukup klik file, video ataupun movie yang mau didownload, sisanya biarkan DownTango yang berkerja.

{getButton} $text={Download DownTango} $icon={download} $color={Hex Color}


10: Free Download Manager (FDM)

Free Download Manager (FDM) dilengkapi dengan fitur torrent downloader dan media player yang terintergrasi di dalamnya.

Dengan fitur built-in media player, kamu bisa me-review file audio/video sebelum men-downloadnya. Singkatnya kamu tidak akan salah download file audio atau video, karena FDM sudah sudah mereview-nya terlebih dahulu.

{getButton} $text={Download DAP} $icon={download} $color={Hex Color}


11: Xtreme Download Manager (XDM)

Sesuai dengan tagline namanya “Xtreme”, aplikasi download manager gratis satu ini mengklaim dapat meningkatkan kecepatan download sampai 500%.

Sekilas sangat berlebihan memang.

Tapi tunggu dulu, saya juga sempat tidak percaya akan kecepatannya. Tapi setelah mencobanya, keraguan saya langsung sirna seketika.

Silahkan kamu coba sendiri untuk membuktikan kehandalan XDM.

{getButton} $text={Download XDM} $icon={download} $color={Hex Color}


12: Download Accelerator Manager (DAM)

Download Accelerator Manager (DAM) adalah software downloader gratis yang memungkinkan kita untuk men-download tidak hanya file internet tetapi juga file media dari situs web yang paling populer saat ini, seperti YouTube, Facebook, Vimeo, Dailymotion, dll dengan kecepatan maksimum.

DAM bekerja di semua web browser popular saat ini, seperti Firefox, Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera dll.

{getButton} $text={Download DAM} $icon={download} $color={Hex Color}


13: Microsoft Download Manager

Microsoft ternyata juga punya software download manager, pastinya 100% gratis.  Namanya Microsoft Download Manager.

Ukuran file-nya sangat kecil, hanya 2 MB saja.

Walaupun sangat sederhana dan fiturnya-pun tidak selengkap aplikasi download manager lainnya, namun kompatibilitasnya terhadap Windows XP, 7, 8, 8.1, dan 10 sangat patut diacungi jempol.

Jika kamu pengguna windows, sangat menginginkan software download manager gratis yang super ringan dan tidak rewel, maka Microsoft Download Manager adalah pilihan yang sangat tepat.

                                               {getButton} $text={Download Microsoft Downloader} $icon={download} $color={Hex Color}


Itulah 13 pilihan aplikasi download manager terbaik, tercepat dan tentunya gratis, sebagai alternatif pengganti IDM yang berbayar.

Sekilasberita

SekilasBerita.id merupakan media online dengan tujuan menyediakan infromasi terbaru dan terupdate

Lebih baru Lebih lama