Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Dalam era internet yang sangat menggelora ini, kegiatan membaca buku sudah tidak banyak diminati.

Anak-anak hanya diajarkan membaca sekedarnya, hanya sekedar bisa, namun banyak orang tua saat ini tidak lagi mengajak anak untuk membaca buku. 

Kegiatan itu sudah tergantikan dengan adanya televisi serta internet di rumah. 

Meskipun begitu, tahukah ayah dan bunda bahwa sebenarnya otak kita sangat membutuhkan kegiatan membaca buku, bukan hanya sekedar artikel pada internet namun ternyata otak kita juga membutuhkan kegiatan membaca buku. 

 1. Membaca mampu melatih otak 

Penelitian baru, yang dilakukan di Emory University di Amerika Serikat, menemukan bahwa membaca buku yang bagus dapat meningkatkan konektivitas otak dan perubahan saraf permanen sama seperti latihan otot. 

Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Hal ini terjadi karena membaca dapat mengaktifkan beberapa lokasi otak secara serentak. Pada saat membaca otak akan bekerja lebih keras secara neurobiologis dibandingkan saat otak memproses gambar atau pidato. 

Menonton film atau mendengarkan cerita pada kaset juga dapat melatih dan mengembangkan otak, namun tidak secepat dan sebesar perkembangan otak pada saat membaca. 

Bahkan saat kamu membaca artikel ini, misalnya, bagian dari otakmu yang sedang berkembang untuk fungsi lain seperti fungsi pengelihatan dan bahasa, yang masih berada dalam satu jalur dengan saraf membaca. 

Jika kita melihat scan MRI pada otak selama membaca, maka kita akan melihat banyaknya kegiatan otak yang terjadi pada saat membaca. 

Khususnya pada anak-anak yang masih dalam usia emas, perkembangan otak yang sedang meningkat dengan pesat akan sangat baik jika anak juga membaca sebuah buku atau dibacakan oleh orang tuanya. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Perspectives on Psychological Science pada Januari 2013 menyimpulkan bahwa “membaca untuk anak dengan gaya interaktif menaikan IQ lebih dari 6 poin.” 

 2. Membaca memberikan pengalaman baru tanpa harus mengalaminya langsung


Seperti yang telah kita ketahui bahwa cerita yang bagus dapat membuta kita seakan-akan benar-benar sebagai pelaku utama. 

Namun menurut penelitian terakhir hal itu benar-benar terjadi secara harfiah, membaca dapat membawa perubahan biologis pada otak pembaca. 

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan di Emory University di Amerika Serikat, ditemukan bahwa membaca buku dapat meningkatkan kegiatan otak pada daerah temporal korteks bagian kiri yang sangat berhubungan dengan penerimaan bahasa. 

Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Membaca juga meningkatkan kegiatan otak pada wilayah utama sensor motorik, saraf pada daerah ini dapat memanipulasi otak sehingga otak akan berpikir bahwa kita sedang melakukan suatu kegiatan fisik dimana kita tidak sedang melakukannya, fenomena ini disebut “Ground Cognition”.

Contohnya adalah dengan hanya membayangkan berlari, maka kita akan mengaktifkan saraf yang sama saat kita benar-benar sedang berlari secara fisik. 

Menurut penelitian itu, peningkatan neurologis berlanjut semua lima hari setelah kegiatan membaca selesai, hal ini membuktikan bahwa dampak tersebut bukan hanya reaksi pada saat kegiatan membaca dilakukan tetapi bersifat permanen. 

Karenanya buku dapat mengajarkan hubungan antar manusia, situasi dan kepribadian serta membedakan antara yang baik dan yang buruk pada anak. Buku fantasi akan memberikan bahan imajinasi dan kebebasan bermain. 

Cerita dongeng akan membuat anak takjub dan membantu anak membedakan antara yang nyata dan tidak. 

Dan semua hal tersebut dapat dipelajari dan dipahami oleh anak tanpa harus langsung mengalaminya. Hal tersebut akan bersifat permanen pada otak anak. 

3. Membaca membantu mempertajam ingatan 

Hal ini karena saat membaca kita diharuskan mengingat banyak hal mulai dari latar belakang, ambisi, karakter, nuansa, serta berbagai alur cerita yang naik turun sepanjang cerita. 

Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Tentu saja hal tersebut terlalu banyak untuk diingat, namun otak kita merupakan organ yang luar biasa istimewa sehingga mengingat semua hal tadi bukanlah perkara yang sulit bagi otak kita. 

Selain itu, setiap memori yang kita buat akan membentuk sinapsis (jalur otak) yang baru dan memperkuat yang sudah ada, hal ini juga akan sangat membantu dalam mengingat memori jangka pendek dan menstabilkan suasana hati. 

Lebih mengagumkan lagi, bahwa peningkatan tersebut akan permanen ada dalam otak kita. 

4. Membaca dapat meningkatkan kemampuan analisa 


Pada saat membaca kita akan dituntut untuk menganalisa dan mensortir beberapa informasi yang ada didalam cerita atau artikel. 

Hal ini sama seperti saat kita membaca cerita detektif (atau cerita misteri) dimana kita akan selalu berusaha menggunakan pemikiran kritis dan menganalisa cerita dengan memperhatikan rincian yang diberikan, untuk menemukan karakter antagonis atau yang biasa disebut sebagai pelakunya.

Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Kemampuan analisa ini juga biasa kita gunakan saat kita mengkritisi alur cerita, menilai bagus atau tidaknya suatu cerita, apakah karakter dikembangkan dengan baik dan lain sebagainya. 

Sehingga kita bisa menyampaikan opini kita saat kita memiliki kesempatan untuk mendiskusikannya karena sebelumnya kita telah benar-benar mempertimbangkan segala aspek dalam cerita. 

Hal yang sama juga berlaku pada anak, buku mampu mengajarkan keterampilan berpikir (analisa) pada anak. 

Ketika anak membaca buku atau kita bacakan, anak belajar untuk memahami sebab dan akibat, ia belajar untuk latihan logika, serta berpikir secara abstrak. 

Anak juga mempelajari konsekuensi dari tindakan, dan dasar-dasar apa yang benar dan salah. 

 5. Membaca mampu melatih konsentrasi 


Pada dunia internet modern saat ini, perhatian kita terbagi menjadi sangat banyak sekali arah hal ini sejajar dengan multi tasking yang harus kita kerjakan setiap hari. 

Dalam jangka waktu 5 menit saja rata-rata orang akan membagi tugas antara membaca email, chatting dengan beberapa orang sekaligus, memantau social media, smartphone-nya serta berinteraksi dengan rekan kerjanya. 


Perilaku ini akan meningkatkan tingkat stress dan menurunkan produktivitas. Namun, pada saat membaca perhatian kita hanya kan terfokus pada cerita, sehingga terasa jauh dari hal duniawi lain, dengan membaca kita juga dapat terlibat dalam setiap detail cerita yang mampu kita serap. 

Luangkan waktu untuk membaca 15-20 menit sebelum berangkat kerja atau didalam angkutan umum pada saat berangkat kerja, untuk meningkatkan konsentrasi pada saat sampai ditempat kerja. 

 Pada anak membaca buku atau membacakan buku membutuhkan waktu perhatian yang lebih panjang, yang merupakan keterampilan penting untuk anak kita agar dapat berkonsentrasi. 

6. Membaca menenangkan dan menyejukkan 


Selain relaksasi yang berasal dari membaca buku bagus itu sendiri, ketenangan dalam membaca buku juga sangat mungkin dihadirkan karena itu subjek yang kita baca dapat membawa kedamaian batin yang sangat besar. 

Adapun membaca teks spiritual dapat menurunkan tekanan darah dan membawa ketenangan batin yang besar, sementara membaca buku self-help benar-benar telah terbukti untuk membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan. 

Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Penelitian telah menunjukkan bahwa membaca adalah jauh cara terbaik untuk bersantai. Bahkan lebih baik dari hal lain seperti mendengarkan musik atau pergi jalan-jalan. 

Membiarkan pikiran untuk berkonsentrasi dan melarikan diri ke dalam dunia sastra meredakan ketegangan di seluruh tubuh. 

Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa hanya membutuhkan waktu 6 menit membaca untuk memperlambat denyut jantung dan meredakan ketegangan di otot kita. 

Membaca atau membacakan buku pada anak juga baik dilakukan untuk mengatasi anak yang sedang rewel atau gelisah. 

7. Membaca membuat kita lebih kreatif 


Studi sebelumnya menyatakan bahwa ini adalah “lebih dari sekedar gangguan tetapi menyelam alam imajinasi yang tertulis dalam setiap kata pada halaman buku akan merangsang kreativitas dan menyebabkan kita untuk masuk kedalam apa yang kita sebut kesadaran alternatif”. 

 Membaca juga membuat memberikan banyak wawasan dan informasi baru bagi kita. Semakin banyak informasi yang kita ketahui maka semakin banyak yang dapat kita sampaikan kepada orang lain.

Semakin banyak yang dapat kita sampaikan maka kita akan menjadi pembicara yang lebih baik, berpikir lebih cepat, dan mengatasi masalah dengan lebih baik. 

Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Semua hal tersebut adalah kemampuan yang cukup berguna dalam bidang kreatif apapun. Pada anak, semakin banyak anak latihan membaca (dibacakan orang tua), maka akan semakin besar pula kemampuan membaca mereka. 

Memahami bacaan anak menjadi penting karena dengan pemahaman bacaan yang tinggi berarti anak dapat menyerap informasi baru lebih cepat dan akan memperoleh lebih banyak pengetahuan sejak pertama dia membaca. 

Hal ini akan menyebabkan peningkatan kinerja akademik dan membuat belajar lebih efisien bagi anak. Kemampuan untuk memahami bacaan baru dan sulit adalah hal yang sangat penting.

Mampu mempelajari informasi baru dengan cepat melalui membaca adalah keterampilan yang besar baik di institusi pembelajaran (sekolah) ataupun tempat kerja nantinya. 

8. Membaca menyembuhkan beberapa penyakit 


Ini 8 Alasan Kenapa Otak Manusia Butuh Membaca

Menurut Horvath, orang yang berada dalam pemulihan dari kondisi ADD (Attention Deficit Disorder) , gangguan kecemasan, dan gangguan konsentrasi, mefokuskan diri pada kegiatan membaca buku akan memiliki efek yang kuat. 

Membaca juga memiliki efek yang baik bagi seseorang telah berjuang melawan adiksi (kecanduan), dimana hal tersebut saat ini dipahami sebagai penyakit otak. 

Membaca buku memiliki banyak sekali manfaat untuk anak dan ayah serta bundanya. Karenanya, yuk mulai matikan televisi dan internet, pilih buku yang bagus untuk anda dan anak kemudian ajak anak membaca buku bersama kita.
Hengki.e
Hengki.e Hanya Seorang Pemula Yang Ingin Belajar Lebih Tentang Menulis